Rabu, 21 Maret 2012

ROBERT STERNBERG JEFFREY






Robert Sternberg Jeffrey lahir pada tanggal 8 Desember, 1949 di Newark, New Jersey. Setelah mendapatkan gelar sarjana, Sternberg kembali ke Yale sebagai profesor psikologi. Dia kemudian menjadi Dekan Fakultas Seni dan Ilmu Pengetahuan di Tufts University. Saat ini Provost dan profesor psikologi di Oklahoma State University.
Sternberg pernah menjabat sebagai Presiden Asosiasi Psikologi Amerika pada tahun 2003 dan telah memenangkan berbagai penghargaan termasuk Penghargaan Distinguished Scholar dari Asosiasi Nasional untuk Anak Berbakat pada tahun 1985, James McKeen Cattell Award dari American Psychological Society pada tahun 1999 dan EL Thorndike Penghargaan untuk Prestasi di Psikologi Pendidikan dari APA pada tahun 2003.
Menurut Robert Sternberg Jeffrey intelligence (kecerdasan) adalah :
Kemampuan individu untuk sukses dalam kehidupan dengan memanfaatkan kekuatan dan mengkompensasi kelemahan mereka.
Robert J Sternberg terkenal dengan teori Triarchic nya . berikut ini adalah skema dari teori triarchic:

Teori triarchic kecerdasan terdiri dari tiga subtheories: (i) componential subtheory : makna yang menguraikan struktur dan mekanisme yang mendasari perilaku cerdas. (ii) experiential subtheory : yang mengusulkan perilaku cerdas ditafsirkan bersama sebuah pengalaman. (iii) contextual subtheory : yang menentukan bahwa perilaku cerdas didefinisikan oleh konteks sosial budaya di mana itu terjadi dan melibatkan adaptasi dengan lingkungan, pemilihan lingkungan yang lebih baik, dan pembentukan lingkungan.
Menurut Sternberg, penjelasan lengkap dari intelijen memerlukan interaksi dari ketiga subtheories. Para subtheory komponen makna menentukan sekumpulan potensi proses mental yang mendasari perilaku (yaitu, bagaimana perilaku yang dihasilkan) sedangkan subtheory kontekstual berkaitan intelijen untuk dunia luar dalam hal kecerdasan.
Teori triarchic adalah teori umum dari kecerdasan manusia. Banyak penelitian awal Sternberg terfokus pada analogi dan penalaran silogisme. Sternberg telah menggunakan teori untuk menjelaskan kecerdasan yang luar biasa (berbakat dan keterbelakangan) pada anak-anak dan juga kritik untuk tes kecerdasan. Kemudia mempelajari topik seperti gaya belajar (Sternberg, 1997) dan kreativitas (Sternberg, 1999).

Sumber : http://www.instructionaldesign.org/theories/triarchic-theory.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar