Robert
Sternberg Jeffrey lahir pada tanggal 8 Desember, 1949 di Newark, New Jersey.
Setelah mendapatkan gelar sarjana, Sternberg kembali ke Yale sebagai profesor
psikologi. Dia kemudian menjadi Dekan Fakultas Seni dan Ilmu Pengetahuan di
Tufts University. Saat ini Provost dan profesor psikologi di Oklahoma State
University.
Sternberg
pernah menjabat sebagai Presiden Asosiasi Psikologi Amerika pada tahun 2003 dan
telah memenangkan berbagai penghargaan termasuk Penghargaan Distinguished
Scholar dari Asosiasi Nasional untuk Anak Berbakat pada tahun 1985, James
McKeen Cattell Award dari American Psychological Society pada tahun 1999 dan EL
Thorndike Penghargaan untuk Prestasi di Psikologi Pendidikan dari APA pada
tahun 2003.
Menurut Robert
Sternberg Jeffrey intelligence (kecerdasan) adalah :
Kemampuan individu untuk sukses dalam
kehidupan dengan memanfaatkan kekuatan dan mengkompensasi kelemahan mereka.
Robert J Sternberg terkenal dengan
teori Triarchic nya . berikut ini adalah skema dari teori triarchic:
Teori triarchic
kecerdasan terdiri dari tiga subtheories: (i) componential subtheory : makna yang menguraikan struktur dan mekanisme yang
mendasari perilaku cerdas.
(ii) experiential subtheory : yang mengusulkan perilaku cerdas ditafsirkan bersama sebuah pengalaman. (iii) contextual subtheory : yang menentukan
bahwa perilaku cerdas didefinisikan oleh konteks sosial budaya di mana itu
terjadi dan melibatkan adaptasi dengan lingkungan, pemilihan lingkungan yang
lebih baik, dan pembentukan lingkungan.
Menurut
Sternberg, penjelasan lengkap dari intelijen memerlukan interaksi dari ketiga
subtheories. Para subtheory komponen makna
menentukan sekumpulan potensi proses mental yang mendasari perilaku (yaitu,
bagaimana perilaku yang dihasilkan) sedangkan subtheory kontekstual berkaitan
intelijen untuk dunia luar dalam hal kecerdasan.
Teori triarchic
adalah teori umum dari kecerdasan manusia. Banyak penelitian awal Sternberg terfokus pada analogi dan
penalaran silogisme. Sternberg telah menggunakan teori untuk menjelaskan
kecerdasan yang luar biasa (berbakat dan keterbelakangan) pada anak-anak dan
juga kritik untuk tes
kecerdasan. Kemudia mempelajari topik seperti gaya belajar
(Sternberg, 1997) dan kreativitas (Sternberg, 1999).
Sumber :
http://www.instructionaldesign.org/theories/triarchic-theory.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar