Minggu, 10 Juni 2012

Andragogi

1. Pengertian dan beberapa asumsi dasar andragogi
2. Tujuan dan pertimbangan filosofis andragogi

Pengertian dan beberapa asumsi dasar POD

  • POD merupakan proses pendidikan menyeluruh bagi orang dewasa cacad maupun tidak cacad secara berkelanjutan
  • Orang dewasa dapat ditelusuri dari aspek giologis, psikologis dan sosiologi
Definisi POD
  • UNESCO menyatakan :
POD sebagai keseluruhan proses pendidikan yang diorganisasi, apapun isi, tingkatan dan metodanya. Baik formal maupun tidak, yang melanjutkan maupun menggantikan pendidikan semula di sekolah, perguruan tinggi dan universitas serta latihan kerja yang membuat orang dianggap dewasa oleh masyarakat dalam mengembnagkan kemampuan, memperkaya pengetahuan, meningkatkan kualifikasi teknis atau profesionalnya dan mengakibatkan perubahan pada perilakunya dalam perspektif rangkap perkembangan pribadi secara utuh dan partisipasi dalam perkembangan sosial, ekonomi dan budaya yang seimbang dan bebas.

Karakteristik POD
  • Orang dewasa telah memiliki lebih banyak pengalaman hidup
  • Orang dewasa memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar
  • Orang dewasa telah memiliki banyak peranan dan tanggung jawab
  • Kurang percaya pada kemampuan diri untuk belajar kembali
  • Orang dewasa lebih beragam dari pada pemuda
  • Makna belajar bagi orang dewasa
Tujuan POD

Menurut Houle (1972 dalam Yusnadi, 200-), POD memiliki 5 orientasi :
  1. Memusatkan pada tujuan
  2. Memenuhi kebutuhan dan minat
  3. Menyerupai sekolah
  4. Menguatkan kepemimpinan
  5. Mengembangkan lembaga POD
  6. Meningkatkan informalitas
Sedangkan menurut Bergevin (-dalam Yusnadi, 200-), tujuan POD adalah :
  1. Membantu pelajar mencapai suatu tingkat kebahagiaan dan makna dalam kehidupan
  2. Membantu pelajar memahami diri sendiri, bakat dan keterbatasannya serta hubungan dengan orang lain
  3. Membantu orang dewasa mengenali dan memahami kebutuhan belajar seumur hidup
  4. Memberi kondisi dan kesempatan
  5. Memberikan jika dibutuhkan
Yusnadi menyimpulkan : tujuan POD adalah :
  1. Membantu orang-orang melakukan penyesuaian psikologi terhadap kondisi sosial dan dunia alamiah mereka dengan melengkapi aspek pengetahuan, ketrampilan dan sikap
  2. Melengkapi orang dewasa dengan keterampilan-keterampilan yang diperlukan guna menemukan dan memecahkan masalah yang mungkin mereka hadapi dengan menekankan pada keterampilan-keterampilan memecahkan masalah dan tidak pada isi atau subjek matter
  3. Membantu orang-orang dewasa merubah kondisi sosial mereka
  4. Membantu orang-orang dewasa menjadi bebas, individu-individu otonom
Seorang manusia harus mempersembahkan dirinya kepada dunia dan kebenaran, tidak berarti bahwa ia harus kehilangan dirinya sendiri atau kehilangan kebebasannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar