PERAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA BELAJAR PADA SISWA/I
SMP
I. PENDAHULUAN
Teknologi
adalah tema penting dalam pendidikan sehingga selalu dibahas dalam setiap
kesempatan yang berkaitan dengan pendidikan. Siswa/i dewasa ini tumbuh di dunia
yang jauh berbeda dengan di masa ketika orang tua dan kakek mereka masih
menjadi pelajar. Revolusi teknologi adalah bagian dari masyarakat informasi di
mana kita kini hidup. Dalam hal ini kami akan mengemukakan data yang telah kami
kumpulkan mengenai manfaat teknologi sebagai media pembelajaran di tingkat SMP
(sekolah menengah atas). Semakin berkembangnya teknologi yang ada pada saat ini
akan mengubah perilaku belajar pelajar. Akan ada yang terkena bagian negative
dan aka nada ke bagian positif. Tergantung bagaimana pelajjar itu memperlakukan
teknologi itu secara baik dan mampu memanfaatkannya sebagai media pembelajaran.
II. LANDASAN TEORI
Di dunia ini yang kini berorientasi teknologi, kompetensi orang semakin ditantang dan diperluas dengan cepat. Teknologi telah menjadi bagian dari sekolah selama berberapa dekade, tetapi teknologi masih dipakai secara sederhana dan berubah dengan lamban. Namun kini teknologi berubah secara dramatis. Perhatikan fakta bahwa pada 1983 hanya ada sekitar 50.000 komputer di sekolah-sekolah Amerika. Pada 2002, ada lebih dari 6 juta di setiap sekolah di Amerika. Kini sedikitnya punya satu computer di setiap sekolah. Arti Teknologi Informasi dalam dunia pendidikan seharusnya berarti tersedianya saluran atau sarana yang dapat diapakai untuk menyiarkan program pendidikan.
Berbicara mengenai penggunaan , aka ada dampak negative dan positif yang di berikan kepada pemakainya. Ada beberapa dampak positif yang diberikan oleh teknologi kepada penggunanya antara lain :
· Teknologi dapat membantu menyampaikan informasi lebih cepat
· Dengan teknologi dapat mengefesiensikan waktu dalam penngerjaan tugas
· Dalam pengerjaan tugas dengan menggunakan teknologi akan mendapatkan hasil yang optimal dan pengerjaannya menjadi praktis
Itulah beberapa dampak positif yang bisa diterima, dan dibawah ini kami akan menyampaikan dampak negatifnya :
· Teknologi dapat membuat pemakainya menjadi kecanduan dan melupakan lingkungan
· Teknologi dapat menjerumuskan kepada hal-hal negative, karena teknologi memiliki segala informasi, jadi jika tidak ada pengawasan akan berbahaya bagi anak-anak.
Dengan melihat dampak positif dan negative di atas diharapkan kita bisa mengoptimalkan manfaat teknologi tersebut. Akan kemabali lagi kepada diri kita sendiri. Teknologi telah memengaruhi masyarakat dan sekelilingnya dalam banyak cara. Di banyak kelompok masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi (termasuk ekonomi global masa kini) dan telah memungkinkan bertambahnya kaum senggang. Banyak proses teknologi menghasilkan produk sampingan yang tidak dikehendaki, yang disebut pencemar, dan menguras sumber daya alam, merugikan dan merusak Bumi dan lingkungannya. Berbagai macam penerapan teknologi telah memengaruhi nilai suatu masyarakat dan teknologi baru seringkali mencuatkan pertanyaan-pertanyaan etika baru. Sebagai contoh, meluasnya gagasan tentang efisiensi dalam konteks produktivitas manusia, suatu istilah yang pada mulanya hanya menyangku permesinan, contoh lainnya adalah tantangan norma-norma tradisional.
III. ALAT DAN BAHAN
· Kuisioner
· Pulpen (reward)
· Kamera
IV. ANALISA DATA
Untuk mengumpulkan data dan memperoleh kesimpulan , kami menggunakan cara pembagian kuisioner kepada siswa/i SMP AL-AZHAR MEDAN. Rincian kuisioner dan subyek penelitian sebagai berikut :
1. Jumlah subyek sebanyak 15 orang siswa/i tingkat SMP.
2. Beberapa jenis pertanyaan yang dilampirkan pada kuisioner :
· Guru lebih sering menggunakan in-focus sebagai media pembelajaran (setuju/tidak)
· Di sekolah guru-guru sudah mengerti cara penggunaan teknologi computer secara baik (setuju/tidak)
· Teknologi informasi dan komunikasi merupakan kurikulum yang wajib diajarkan kepada murid-murid agar tidak terjadi gagap teknologi (setuju/tidak).
V. TIME TABLE
NO
|
URAIAN
|
APRIL
|
MEI
|
||||||
|
MINGGU
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
1.
|
MENENTUKAN TEMA
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
2.
|
PERENCANAAN
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
3.
|
PEMBAGIAN
KUISIONER
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
4.
|
PENGUMPULAN
DATA
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
5.
|
DISKUSI
|
|
|
|
|
|
|
X
|
|
6.
|
PENYELESAIAN
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
VI. KALKULASI BIAYA
- Fotokopi Kuisioner : Rp 3.000,-
- Printing : Rp 5.000,-
- Transport : Rp 20.000,-
- Jumlah : Rp 28.000,-
VII. LAPORAN
Setelah dilakukan pemberian
kuisioner, maka telah dapat kami simpulkan bahwa 80% dari siswa yang kami
observasi telah merasakan penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran.
Seperti penggunaan computer, in-focus, dan gadget yang bisa digunakan untuk
penyelesaian tugas sekolah. Kemudian disamping teknologi tersebut ,
pembelajaran menggunakan teknologi juga di dorong oleh penggunaan internet.
Untuk siswa/i tingkat SMP , mereka sudah bisa menjalankan internet dan bisa
menyelesaikan tugas mereka dengan penggunaan internet tersebut. Dan dari hasil
observasi tersebut, kami juga memperoleh hasil, menurut siswa/i guru-guru yang
mengajar sudah menggunakan teknologi di dalamnya. Seperti untuk pemberian tugas
, pengajaran. Hal seperti ini yang akan kita hadapi semakin zaman berkembang.
Untuk membekali kepada zaman yang akan datang, maka harus dilakukan pelatihan
menggunakan teknologi dalam kehidupan sehari-hari,terutama dalam pendidikan.
VIII. EVALUASI
Setelah dievaluasi, hasil penelitian
sudah seperti apa yang direncanakan. Kami merencakan untuk pelaksanaan
observasi hanya 2 hari. Dan itu sudah sesuai dengan apa yang kami rencanakan.
Kami tidak menggunakan surat izin, karena kami memberikan kuisioner diluar jam
pelajaran di sekolah, jadi kami tidak membutuhkan surat izin fakultas. Hasil
pengisian kuisioner juga berjalan dengan lancer dengan subyek nya. Mereka cukup
baik dalam membantu proyek ini.
IX. TESTIMONI
KELOMPOK
TESTIMONI RESI PRATIWI :
Pada awalnya dengan diberikan nya
tugas ini , saya memikirkan bahwa tugas ini akan sulit dan membutuhkan proses
yang lama. Ternyata setelah dikerjakan tidak ada yang terlalu menghalangi
kelompok kami untuk penyelesainnya. Semoga hasil yang didapat juga bisa
menjelaskan isu mengenai peran teknologi
sebagai media belajar di tingkat SMP .
TESTIMONI LISDIANA SANI :
Pada saat melakukan proyek mini ke-alzhar rasanya seru
dan menyenangkan. Adik-adik SMP nya ramah dan baik, mereka dengan senang hati
mengisi kwisioner kami dan mereka senang mendapatkan reward pulpen karna jadinya
alat tulis mereka bertambah^^
TESTIMONI ISLAHATI BATUBARA :
Pada saat saya diberikan tugas ini, awalnya saya sangat
merasa terbebani dengan adanya tugas ini. Karena tugas ini memerlukan
penelitian yang dalam fikiran saya adalah tugas ini akan serumit seperti
mengerjakan skripsi. Namun setelah saya dan teman-teman mengerjakan tugas
proyek mini , saya tidak merasa terbebani seperti awalnya. Karena pengerjaannya
tidak serumit yang saya kira. Apalagi ditambah dengan adanya respon yang
baik-baik dari adik-adik SMP Al-Azhar. Itu membuat saya dan teman-teman semakin
semangat dalam mengerjakan proyek mini ini J
X. POSTER
Tidak ada komentar:
Posting Komentar